5 Tips Melindungi Akun Twitter Dari Serangan Hacker

Posted by Lalu Abdul Aziz On Jumat, 26 April 2013 2 komentar

Kasus peretasan akun twitter beberapa waktu terakhir kian marak. Tak hanya akun twitter milik pengguna biasa, akun-akun milik pengguna eksklusif pun diretas oleh hacker. Yang teraktual adalah peretasan akun twitter milik Tamara Bleszynski. Akun Twitter @tamara_blesz miliknya bahkan men-tweet foto-foto vulgar. Tamara sendiri sudah mengkonfirmasi bahwa akunnya telah diretas oleh hacker. Selain akun Tamara, akun brand ternama maupun pemerintah juga menjadi korban peretasan

Nah, untuk mengantisipasi peretasan terhadap akun twitter Anda, saya membagikan 5 tips untuk melindungi akun twitter dari serangan hacker seperti yang saya kutip dari Sidomi News:

1. Buat kata sandi unik di lintas akun
Kata sandi wajib unik, tak mudah diterka, serta bila perlu tak gampang dihafal. Jangan pilih kata sandi terkait informasi pribadi seperti data diri, kesukan, minat, hewan peliharaan, dan lainnya. Hal penting yang kedua, buat kata sandi berbeda di setiap akun media sosial. Satu password jangan digunakan di lintas akun.

2. Monitor aplikasi pihak ketiga
Aplikasi pihak ketiga meminta izin Anda untuk gunakan akun Twitter di layanan atau fitur tertentu. Misalkan saja login di situs tertentu atau untuk berkomentar. Aplikasi ini juga miliki izin khusus yang sayangnya saat proses otentikasi tidak dibaca secara teliti oleh pengguna. Cabut akses aplikasi pihak ketiga yang dirasa mencurigakan di opsi Revoke.

3. Jangan klik tautan sembarangan
Tips ini sering kali dibahas di tulisan terdahulu sebagai langkah preventif. Kasus yang ada memang dimulai dari budaya klik sembarangan. Entah itu karena penasaran atau tertarik dari iming-iming yang ditawarkan. Meski pengguna yang menyematkan link asing sangat Anda kenal, jangan asal klik terlebih dahulu. Tanyalah apa dibalik tautan yang ia sematkan. Ini juga berlakuk untuk pengguna asing dan tautan yang sering bergentayangan di DM.

4. Instal anti virus
Langkah ini wajib dilakukan di setiap komputer pengguna. Tak hanya diinstal, aplikasi anti virus harus selalu dimutakhirkan. Update ini penting dilakukan untuk menambah data base varian virus baru yang ditemukan oleh penyedia anti virus yang dibenamkan di komputer Anda.

5. Sign out
Meski memakai komputer atau smartphone pribadi, usahakan jika tak sedang mengunakannya lakukan sign out. Langkah ini terkait preventif sebagai upaya pencegahan basic akun Anda dari peretasan. Bilamana komputer atau smartphone Anda dipegang oleh orang asing berabe bukan.
Semoga artikel 5 Tips Melindungi Akun Twitter Dari Serangan Hacker bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

+ komentar + 2 komentar

29 April 2013 18.20

Info yg bermanfaat gan
thanks ya

Terimakasih Maz Imtikhan atas Komentarnya di 5 Tips Melindungi Akun Twitter Dari Serangan Hacker
Anonim
15 Agustus 2013 20.42

Follow @RakhaP_17 nanti di follow bck

Terimakasih Anonim atas Komentarnya di 5 Tips Melindungi Akun Twitter Dari Serangan Hacker

Posting Komentar