4 Syarat Menjadi Pemimpin Sejati dan Dicintai Rakyat ala Jokowi

Posted by Lalu Abdul Aziz On Minggu, 10 Maret 2013 0 komentar

Joko Widodo alias Jokowi adalah mantan Walikota Solo dan sekarang menjabat Gubernur DKI Jakarta. Saat ini, siapa yang tidak mengenal Jokowi? Dia sudah menjadi 'selebriti' dan diidolakan banyak orang karena cara pendekatannya ke rakyat serta inovasi-inovasinya dalam menjalankan roda pemerintahan, baik ketika menjadi Walikota Solo maupun setelah menjadi Gubernur DKI Jakarta. Di mana pun berada, kehadiran Jokowi yang selalu rendah hati selalu disambut hangat warga. 

Di berbagai media, Jokowi menjadi News Maker karena selalu ada terobosan maupun hal-hal yang menarik disekitar Jokowi yang pantas untuk diberitakan. Para wartawan tidak pernah lelah 'menguntit' Jokowi kemanapun ia pergi. Alasannya, karena Jokowi tokoh yang menarik dan cerita seputar dia selalu ditunggu.

Lalu, apa resep Jokowi sehingga beliau begitu diidolakan oleh semua orang?

Dengan penuh kesederhanaan, pria kelahiran Surakarta 21 Juni 1961 ini berbagi kisahnya hingga terpilih menjadi orang nomor satu di Jakarta. Dalam berbagai kesempatan, ia juga tidak pelit berbagi terobosan.

Berikut 4 syarat pemimpin sejati ala Jokowi:

1. Rakyat Nomor Satu

Menurut Jokowi, seorang pemimpin harus mampu mengutamakan rakyat. Pemimpin harus mendatangi rakyat setiap hari, mencari tahu apa masalahnya dan memberikan solusi atas persoalan yang tengah dihadapi mereka.

Pemimpin, kata Jokowi, haruslah mengerti persoalan yang dialami rakyat. Jika tidak bisa ke rumah sakit, buat kebijakan sehingga mereka bisa ke rumah sakit. Jika tidak bisa sekolah, harus membuat kebijakan sehingga mereka bisa sekolah. APBD bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan rakyat.

2. Bersih dan Jujur

Bersih dan jujur. Itulah syarat yang menurut Jokowi harus dipenuhi seorang pemimpin.

"Pemimpin itu nggak perlu pintar, nanti malah minterin rakyatnya, yang penting jujur dan bersih," kata Jokowi dalam peringatan HUT PDI Perjuangan ke-40 di Wisma Tiberias, Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu (3/3/2013). (detikNews, Senin, 04/03/2013)

"Dengan karakter jujur dan bersih, maka pemerintahan bisa dikelola dengan baik. Dengan pemerintahan yang jujur dan baik, anggaran bisa dikelola dan manfaatnya bisa dirasakan oleh rakyat," sambung dia.

3. Gemar Blusukan

Kata Jokowi, blusukan itu bukan pencitraan tapi kegiatan yang diinginkan masyarakat. Kegiatan itu seharusnya dilakukan oleh para pemimpin.

"Kalau dikatakan pencitraan, pencitraan yang mana. Itu maunya masyarakat. Itu yang harusnya dilakukan wali kota, gubernur, dan lain-lain untuk memahami keinginan masyarakat," ujar Jokowi saat memberikan motivasi di acara rapat kerja tahunan 2013 Transmedia, di Hotel The Trans Luxury Hotel, Bandung, Jawa Barat, Jumat (1/2/2013).

Menurut Jokowi, sampai sekarang ini ada kekeliruan yang dilakukan banyak pejabat. Jika banyak pejabat yang bergaul secara vertikal maka lama kelamaan akan ditinggalkan oleh rakyat. Apalagi sekarang ini kepala daerah dipilih secara langsung sehingga rakyat ingin lebih dekat dengan pemimpinnya. Mereka ingin keluhannya didengar dan diperhatikan.

4. Berani Keluarkan Kebijakan Radikal

Jokowi mengatakan seorang pemimpin juga harus berani mengeluarkan kebijakan radikal bagi perubahan yang lebih baik. Salah satu contoh kebijakan radikal Jokowi adalah pengaturan nomor kendaraan ganjil-genap yang banyak di kritik.

"Ya setiap kebijakan pasti ada risikonya, tapi kalau gak berani melakukan ya nggak usah jadi pemimpin. Masak mau enak-enak saja, yang nyeneng-nyenengin terus," cetus Jokowi suatu ketika.

Jokowi mengatakan untuk mencegah adanya resistensi dari masyarakat terkait sebuah aturan yang radikal, Pemerintah harus akan melakukan sosialisasi agar masyarakat tahu dan paham dengan peraturan yang dibuat sehingga masyarakat tidak terpengaruh oleh opini yang berkembang.

Setelah saya telaah, 4 Syarat Pemimpin Sejati ala Jokowi ini memang pas dan bagus diterapkan oleh para pemimpin di manapun dan lembaga apapun sebab pemimpin sebenarnya adalah pelayan rakyat dan benar-benar bekerja untuk rakyat. Semoga kedepan, banyak pemimpin yang memenuhi 4 syarat seperti yang diungkapkan Jokowi. Amiin


Referensi
Semoga artikel 4 Syarat Menjadi Pemimpin Sejati dan Dicintai Rakyat ala Jokowi bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar