Makanan dan Minuman yang Sehat Saat Sahur

Posted by Lalu Abdul Aziz On Selasa, 23 Juli 2013 0 komentar

Salah satu faktor yang mendukung kelancaran ibadah puasa Anda sehari penuh adalah makan sahur. Terkadang banyak dari kita yang enggan untuk makan sahur karena rasa kantuk yang masih terasa, atau malas untuk menyiapkan sahur. Padahal sahur itu penting untuk menguatkan fisik kita saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Apalagi siangnya kita memiliki aktifitas yang padat.

Hal yang terpenting saat Anda sahur adalah jenis makanan yang Anda santap. Makan banyak belum tentu sehat. Tetapi menyantap makanan yang sehat meskipun sedikit, itulah yang kita perlukan. Berikut ini adalah jenis makanan dan minuman sehat yang sebaiknya Anda konsumsi saat sahur

1. Perbanyak konsumsi air: konsumsi air bukan hanya sebatas menenggak segelas besar air putih. Jika Anda malas terlalu banyak mengonsumsi air putih, Anda bisa menyiasatinya dengan membuat sayur bening berkuah.

2. Jus buah: jus merupakan salah satu metode yang efektif untuk mengonsumsi buah dengan cara yang lebih mudah dan cepat. Untuk hasil maksimal, Anda bisa membuat jus buah tanpa tambahan gula.

3. Karbohidrat kompleks
: karbohidrat memang dibutuhkan untuk memberikan tenaga paling tidak selama 14 jam. Penuhi tubuh Anda dengan jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Sehingga mampu membuat gula darah stabil, dan suasanan hati menjadi tetap baik. karbohidrat kompleks bisa Anda dapatkan pada nasi merah, ubi, atau jenis kacang-kacangan.

4. Penuhi asupan serat
: sahur bukan hanya sekedar membuat perut penuh terisi. Lebih dari itu, konsumsi makanan saat sahur sebaiknya juga diperhatikan. Tidak ketinggalan juga jenis makanan serat, serat yang terkandung dalam sayur dan buah bermanfaat untuk membersihkan usus dan kesehatan organ pencernaan lainnya.

Itulah informasi jenis makanan dan minuman yang sehat saat saur yang saya sharing untuk Anda. Semoga ibadah puasa kita di bulan Ramadhan ini berjalan lancar. Allahumma amiin... *Sumber 
Semoga artikel Makanan dan Minuman yang Sehat Saat Sahur bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar