Ini Dia Nama-nama Pemain Asing yang Jadi Muallaf di Indonesia

Posted by Unknown On Sabtu, 20 April 2013 0 komentar

Abanda Masuk Islam (Foto: republika.co.id)
Pada Kamis sore, 18 April 2013, bertempat di Masjid Nurul Iman, Bek Persib Bandung, Abanda Herman mengucapkan dua kalimah syahadat sebagai syarat utama masuk Islam. Ia pun resmi menjadi muslim dan mengganti namanya menjadi Ahmad Abanda Herman.

Menurut Abanda, keputusannya memeluk Agama Islam adalah murni berdasarkan hati nuraninya sendiri. Menurut cerita Abanda, keputusannya memeluk Islam berawal dari ketertarikan, lalu ia mempelajari Islam dengan seksama.

"Saya tidak begitu saja memutuskan masuk Islam. Semuanya terjadi dalam sebuah proses yang lumayan lama. Awalnya, saya ingin tahu, kemudian belajar hingga akhirnya benar-benar memutuskan jadi seorang muslim," ungkap Abanda seperti dikutip dari VIVAbola, Sabtu, 20 April 2013.

"Saya juga tergugah dengan sejumlah ajaran Islam lainnya yang sangat menekankan bahwa semua manusia itu sama kedudukannya di hadapan Tuhan," lanjutnya

Masuknya Abanda menjadi Muslim menambah deretan pemain asing yang menjadi Muallaf di Indonesia. Dan, inilah nama-nama pemain asing yang sudah memeluk agama Islam seperti dimuat di situs VIVAbola :

 1. Cristian "El Loco" Gonzales
Gonzales banyak belajar Islam dari istrinya, Eva Nurida Siregar. Mereka bertemu di Chile dan menikah pada 1995.
Pada 2003, pasangan itu kemudian hijrah ke Makassar. El Loco dikontrak oleh PSM Makassar. Di sana lah dia banyak belajar tentang Islam dan pada 9 Oktober, Gonzales menjadi muslim dengan nama Mustafa Habibi.

2. Danilo Fernando
Langkah Gonzales rupanya diikuti oleh rekan setimnya saat membela Persik Kediri, Danilo Fernando. Windy Fitria Marzuki, merupakan salah satu alasan pria Brasil ini rela pindah keyakinan.
Danilo masuk Islam pada 24 Januari 2008 atau empat hari sebelum mempersunting sang istri. Danilo pun punya nama Islam, Muhammad Danilo Fernando.

3. Marcio Souza
Mantan pemain Persib Bandung ini menjadi muallaf ketika membela Semen Padang pada 2009. Kondisi sosial masyarakat di Ranah Minang yang kental dengan ajaran Islam membuat pria asal Brasil ini tertarik mempelajari agama yang disebarkan oleh Nabi Muhammad tersebut.
Selain itu, Marcio juga mengaku banyak mendapat masukan dari rekannya di Tim Kabau Sirah yang sudah lebih dulu memeluk Islam, Antonio Claudio.

"Saya sering melihat Antonio sholat, dia tidak pernah ketinggalan. Dia juga sering curhat dan tukar pikiran soal agama,” kata Marcio yang punya nama muslim, Ahmad Marcio.

4. Patricio Jimenez
Merumput di Semen Padang pada 2004, pemain yang biasa disapa Pato ini menyunting gadis Minang bernama Novia Anggraeni dan berpindah keyakinan menjadi seorang muslim. Dari sang istri pula, Pato yang kini memperkuat klub divisi I, Persip Kota Pekalongan mendapat bimbingan mengenai ajaran-ajaran Islam.

5. Diego Michiels
Bek timnas Indonesia berdarah Belanda ini menjadi muallaf sejak 7 Februari 2013. Dia mengucap kalimat tauhid sebagai tanda masuk Islam di ruang sidang pengadilan. Saat itu, Diego sedang menjalani sidang atas kasus pengeroyokan.

Diego yang kemudian mengubah namanya menjadi Diego Muhammad mengaku masuk Islam karena sudah tertarik dengan ajarannya sejak masih tinggal di Belanda. "Sebelum ke Indonesia, saya bergaul dengan teman yang beragama Islam. Lalu, saya mulai mempelajari buku dan akhirnya memutuskan masuk Islam," tuturnya. Selain para pemain yang disebutkan di atas, masih ada sejumlah pelaku sepakbola asing yang menjadi muallaf di Indonesia seperti Arcan
Iurie, Antonio Claudio, Javier Rocha.


Semoga artikel Ini Dia Nama-nama Pemain Asing yang Jadi Muallaf di Indonesia bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar