8 Hal yang Dapat Anda Lakukan untuk Membuat Anak Lebih Pintar

Posted by Lalu Abdul Aziz On Minggu, 21 April 2013 0 komentar

Memiliki anak yang pintar tentu menjadi dambaan setiap orang tua. Karena itu, orang tua akan mencari berbagai cara untuk meningkatkan kemampuan intelektualitas sang anak. Mulai dari teraphy, mendaftarkan les, hingga memberikan makanan suplemen yang bisa merangsang kecerdasan. 

Faktor keluarga sebenarnya berpengaruh sangat besar dan penting dalam tumbuh kembang anak. Begitupula dengan peningkatan kemampuan intelektualitasnya. Peran orang tua dan lingkungan memiliki porsi yang besar dalam peningkatan kemapuan intelektualitas anak. 

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar anak Anda menjadi lebih pintar:

1. Rawat bayi Anda sejak lahir
Orang tua harus merawat sendiri bayinya yang baru lahir. Perawatan disini meliputi perawatan kesehatan dan tumbuh kembang anak. Memberikan ASI pada bayi Anda memiliki banyak keuntungan, termasuk kekebalan dan perlindungan dari penyakit. Tetapi tidak banyak yang tahu bahwa pemberian ASI juga memengaruhi kecerdasan. Sebuah hasil penelitian dari McGill University di Montreal menunjukkan, anak-anak usia 6,5 tahun yang diberi ASI semasa kecil memiliki skor IQ verbal 7,5 poin lebih tinggi dibanding anak-anak yang tidak diberi ASI. American Academy of Pediatrics merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama. 

Jadi jangan serahkan perawatan ataupun pengasuhan bayi Anda pada baby sitter. Asuhlah sendiri sehingga mendapatkan tumbuh kembang yang maksimal baik dari segi fisik, psikologis dan intelektualnya

2. Aktivitas Fisik
Aktivitas fisik berupa kegiatan olahraga atau kegiatan rekreasi semacam outbond diyakini bisa menambah kemampuan intelektual anak.  Banyak guru di sekolah dasar mengklaim bahwa anak-anak akan lebih bisa berkonsentrasi setelah melakukan kegiatan olahraga ataupun istirahat.  Setelah mengulas 14 penelitian, para peneliti Belanda menemukan bahwa skor tes kognitif anak-anak akan lebih tinggi bila mereka punya akses ke ruangan senam, untuk melepaskan ketegangan. Jadi, doronglah anak Anda untuk berolahraga.

3. Jauhi makanan cepat saji
Coret menu makanan yang mengandung banyak lemak, banyak gula karena itu akan menurunkan angka IQ anak, demikian terungkap dalam “Journal of Epidemiological Community Health”. Peneliti menelusuri kebiasaan makan 4000 anak-anak sejak umur 3 dan mengecek kecerdasan saat mereka umur 8,5. Anak-anak yang paling banyak makan makanan cepat saji, yang tinggi kadar gula dan lemak, memiliki skor IQ 1,67 poin lebih rendah dibanding anak-anak yang sering makan buah, sayur, ikan dan pasta.

4. Putar musik
Studi Universitas Toronto mengungkapkan, pelajaran musik dapat meningkatkan kemampuan otak anak-anak umur 6-11. Anak-anak yang ikut pelajaran musik mengalami peningkatan IQ paling besar, lebih besar dari yang ikut pelajaran drama. Semua jenis pelajaran musik itu bagus, jadi bila anak Anda tidak mau bermain terompet, jangan khawatir.

5. Jangan lupa minyak ikan

Sebuah studi New York University, yang mengevaluasi begitu banyak studi mengenai penyebab meningkatnya IQ seseorang, mengungkapkan bahwa asam lemak Omega-3 adalah yang terbaik. Riset itu mengatakan, ketika ibu hamil dan menyusui mendapatkan 1000 mg DHA setiap hari, maka IQ balita dapat meningkat lebih dari 3,5 poin. Selain itu, bayi yang mendapatkan DHA selama tiga bulan ternyata memiliki skor IQ 6,5 poin lebih tinggi dibanding mereka yang tidak.

6. Interaksi membaca buku

Studi New York University yang sama juga mencari tahu bagaimana interaksi membaca — yakni mendorong anak-anak untuk membaca dan mengajari mereka cara bertanya — dapat meningkatkan intelegensia anak-anak. Peneliti menemukan bahwa ketika anak-anak berumur di bawah 4 tahun aktif dibacakan buku, kecerdasannya bisa meningkat lebih dari 6 poin. Sambil membacakan buku, doronglah anak Anda untuk bertanya kemungkinan telur berwarna lain.

7. Pertimbangkan daftarkan anak ke preschool.
Analisis terhadap 16 studi terbaru mengungkapkan, mengirim anak terbelakang ke preschool yang fokus pada pengembangan bahasa dapat meningkatkan skor IQ hingga 7 poin. Masukkanlah anak ke preschool jika memang tersedia di dekat rumah Anda.

8. Sarapan
Anak-anak yang memulai hari dengan sarapan sehat terbukti lebih mudah berkonsentrasi, lebih siap dan pada akhirnya mendapatkan nilai lebih tinggi. Siapa sangka, sarapan sederhana seperti sereal dan segelas jus dapat membantu anak Anda lebih berenergi dalam menjalani hari.

Itulah 8 hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat anak Anda lebih pintar. Semoga artikel ini dapat menginspirasi Anda untuk lebih memperhatikan tumbuh kembang putra-putri Anda.

Sumber: Yahoo She


 

Semoga artikel 8 Hal yang Dapat Anda Lakukan untuk Membuat Anak Lebih Pintar bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar