Sindikat Pengaturan Skor Diduga Sudah Aktif di Indonesia

Posted by Lalu Abdul Aziz On Rabu, 13 Maret 2013 0 komentar

Selama ini, kita mendengar kasus pengaturan skor dalam pertandingan sepakbola banyak terjadi di Benua Eropa. Sindikat pengaturan skor itupun telah melibatkan banyak klub-klub raksasa Eropa, seperti Juventus, AS Roma dan klub-klub besar lainnya. Konon, pusat pengaturan skor ini berpusat di Singapura. Dan, Sindikat ini diduga juga aktif beroperasi di liga domestik Indonesia.

Penyelidik nirlaba Sport Data Group wilayah Asia Tenggara, Michael Pride mengungkapkan bahwa Sindikat itu sudah masuk untuk mengatur pertandingan di liga domestik Indonesia. Michael mengatakan, informasi ini diperoleh dari sumber terpercaya. Ia tidak bisa menyebutkan waktu spesifik kapan sindikat tersebut mulai masuk ke Indonesia. Informasi ini, kata Michael, ia dapatkan sepanjang satu tahun terakhir. Namun Michael Pride mensinyalir sindikat ini sudah beroperasi dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut Michael, ada dua motif pengaturan skor. Pertama, untuk keperluan judi bola. "Keuntungan dari perjudian bola ini sangat besar," kata dia. Kedua, pengaturan skor ini dimanfaatkan klub untuk memperbaiki posisi mereka dalam kompetisi.

Selain itu, pada Piala Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) 2012, kata Michael, ia mendapatkan informasi ada empat pertandingan yang diatur skornya. "Kami sedang menyelidikinya," kata dia. Sindikat ini, kata Michael, biasanya terdiri dari 10 orang pengusaha yang kaya raya. Mereka mempekerjakan puluhan orang di lapisan bawah untuk mengoperasikan pengaturan skor tersebut. Sumber
Semoga artikel Sindikat Pengaturan Skor Diduga Sudah Aktif di Indonesia bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar