Terungkap, Skandal Besar Pengaturan Skor Sepak Bola Eropa

Posted by Unknown On Minggu, 10 Februari 2013 0 komentar

Sepak bola di benua Eropa adalah kiblatnya sepak bola dunia. Liga-liga besar dan spektakuler dunia ada di benua biru itu. Bahkan industri sepak bola dunia berkembang pesat di Eropa. Bursa pemain, gaji pemain dan pertandingan-pertandingan yang bermutu tinggi selalu menghiasi berita-berita di berbagai media besar dunia.

Namun, kehebatan sepak bola Eropa tercoreng oleh kabar yang tidak sedap, yaitu skandal besar yang membuat heboh insan sepakbola Eropa.

Kepolisian Eropa, Europol, mengungkap skandal besar dalam dunia sepak bola Eropa. Direktur Europol, Rob Wainwright, mengatakan terdapat pengaturan skor dalam 380 hasil pertandingan dalam laga sepak bola di Benua Biru, termasuk di Liga Champions dan penyisihan kualifikasi Piala Dunia.

"Kami telah menemukan sebuah jaringan kriminal yang luas," kata pria yang fasih berbahasa Wales, Inggris, dan Spanyol ini, dalam konferensi pers di Den Haag, Belanda, Senin, 4 Februari 2013. "Pada skala yang belum kami temukan sebelumnya."

Europol menduga pengaturan skor ini melibatkan 425 ofisial pertandingan, direktur klub, pemain, dan anggota jaringan penjahat. Semuanya terlibat dalam skandal ini. Europol sudah menyelidiki skandal ini selama 18 bulan atau sejak Juli 2011. Namun mereka belum memerinci laga-laga itu karena masih menyelidikinya.

Ini bukan pertama kali sepak bola Eropa diterjang skandal pengaturan skor. Pada musim panas 2012, Italia kembali ditimpa masalah serupa, yang menyeret sejumlah pemain bintang, antara lain Domenico Criscito, Cristiano Doni, dan Stefano Mauri. Khusus Doni, ia dilarang tampil selama 3,5 tahun dalam kompetisi sepak bola Italia.

Sumber: Tempo.co
Semoga artikel Terungkap, Skandal Besar Pengaturan Skor Sepak Bola Eropa bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar