Kingdom Tower, Gedung Tertinggi di Dunia yang Menjulang Hingga Lebih dari 1 Kilometer

Posted by Lalu Abdul Aziz On Senin, 25 Februari 2013 0 komentar


Dalam kurun waktu 3 tahun hingga sekarang, predikat gedung tertinggi di dunia masih dipegang oleh Burj Khalifa di Dubai. Tingginya mencapai 828 meter. Namun, dalam lima tahun kedepan, Burj Khalifa akan dikalahkan oleh Kindom Tower yang dibangun di kota Jeddah, Arab Saudi .Tidak tanggung-tanggung, tingginya hingga mencapai lebih dari 1 kilometer. Anda bisa bayangkan sobat, bagaimana tingginya Kingdom Tower ini. Benar-benar mencakar langit, bukan?

Kingdom Tower
 Persiapan pembangunan Kingdom Tower kini masuk ke tahap kontruksi. EC Harris dan Mace ditunjuk Jeddah Economic Company (JEC) untuk mengelola pembangunan gedung tersebut dengan nilai investasi mencapai USD 1,2 miliar atau sekitar Rp 11,6 triliun. Alasan mereka menggandeng EC Harris dan Mace karena sukses membangun The Sharp, bangunan tertinggi di Eropa (London)

Wacana pembangunan Kingdom Tower muncul pertama kali pada tahun lalu. Pangeran Al-Waleed bin Talal, miliuner Arab Saudi ini menginginkan mengembangkan kota kedua Arab Saudi, Jeddah, sebagai pusat Kota Kerajaan. Tak tanggung-tanggung, dana USD 20 miliar siap digelontorkan.

Urutan Gedung tertinggi di Dunia
 Jika menilik ke belakang dan membandingkan Kingdom Tower dengan lainnya, setidaknya ada lima gedung pencakar langit tertinggi di dunia. Setelah Kingdom Tower pada tahun 2018 nanti, ada Burj Khalifa di Dubai (2010) dengan 828 meter, Shanghai Tower di Shanghai (2014) dengan 632 meter, Abraj al-Bait Tower di Mekah (2012) dengan 601 meter, dan One World Trade Center di New York (2014) dengan 540 meter.

Sumber: Sidomi News


Semoga artikel Kingdom Tower, Gedung Tertinggi di Dunia yang Menjulang Hingga Lebih dari 1 Kilometer bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar