Internal PSSI Retak. Ada Apa Lagi?

Posted by Lalu Abdul Aziz On Rabu, 27 Februari 2013 0 komentar

PSSI kembali mengalami gonjang-gonjing. Kali ini bukan masalah dualisme dengan KPSI, tetapi kisruh yang terjadi di dalam tubuh PSSI sendiri. Penyebabnya adalah pembentukan Timnas Indonesia oleh Djohar Arifin Husein diluar persetujuan petinggi PSSI lainnya.

Konon, gonjang-ganjing di tubuh PSSI ini berawal dari tindakan Djohar Arifin Husin yang secara sepihak telah menunjuk Luis Manuel Blanco sebagai pelatih Timnas Indonesia senior dan Timnas Indonesia U-23 tanpa melalui rapat dengan Exco PSSI. Tak pelak, para anggota Exco PSSI menentang penunjukan pelatih asal Argentina itu dan menegaskan bahwa pelatih timnas masih dipercayakan kepada Nil Maizar dan Aji Santoso.

Mendapat perlawanan dari para pejabat PSSI yang lain, nyali Djohar Arifin Husin tak lantas surut. Bahkan, ia kemudian merencanakan pembentukan Timnas Indonesia sendiri dengan membentuk Badan Tim Nasional (BTN) lengkap dengan para pengurusnya seperti Isran Noor, Habil Marati, Rudolf Yesayas, Edi Elison, dan Tommy Arief.

Tindakan sepihak Djohar Arifin inilah yang kemudian membuat beberapa petinggi PSSI meminta untuk diadakan sidang untuk membahas konflik internal yang melibatkan ketua umumnya, Djohar Arifin Husin, dan terkait dengan pembentukan Timnas Indonesia yang disebut-sebut sebagai timnas palsu

Sekjen PSSI, Halim Mahfudz, menyatakan bahwa pihaknya telah mengirimkan surat kepada Komite Etik dan Komite Disiplin terkait tindakan sepihak yang telah dilakukan Djohar Arifin Husin sebagai Ketua Umum PSSI. Halim Mahfudz menilai bahwa Djohar Arifin dan sejumlah pengurus PSSI lainnya telah melakukan tindakan pelanggaran yang sangat serius.

Dengan adanya konflik di tubuh PSSI itu, semakin runyamlah persepakbolaan di Indonesia. Padahal, batas waktu yang diberikan oleh FIFA sudah kian dekat. Apakah yang akan terjadi selanjutnya? Inilah yang mungkin ditunggu-tunggu sekaligus membuat geram publik sepakbola nasional.

Sumber
Semoga artikel Internal PSSI Retak. Ada Apa Lagi? bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar