Hujan Meteor di Rusia Bak Amagedon, 1000 Orang Terluka

Posted by Lalu Abdul Aziz On Minggu, 17 Februari 2013 0 komentar

Hujan Meteor landa Rusia (Dailymail)
Hujan Meteor telah melanda sebagian wilayah Rusia. Jatuhnya meteor-meteor itu terpantau di sekitar wilayah pegunungan Urals. Meteor yang masuk ke atmosfer bumi terbakar dan menimbulkan sejumlah ledakan di langit. Bahkan hingga menimbulkan kerusakan di daratan dan menyebabkan korban luka-luka.

Seperti dilansir di beberapa media online, hujan meteor di Rusia telah menimbulkan korban luka-luka hampir 500-an orang.  Kementerian Urusan Darurat Rusia menyatakan, sedikitnya 474 orang luka-luka, 14 orang di antaranya mengalami luka serius akibat hujan meteor ini. Kebanyakan mereka terluka akibat terkena pecahan kaca jendela.

"Sebuah meteorit meledak di atas wilayah Chelyabinsk (bagian dari Urals). Getarannya merusak jendela di sejumlah lokasi," terang juru bicara Kementerian Urusan Darurat Rusia, seperti dilansir AFP, Jumat (15/2/2013).

"Meterorit hancur di langit wilayah Urals, sebagian terbakar saat masuk ke atmosfer bumi. Sejumlah fragmen meteorit mampu mencapai bumi, kemudian jatuh secara acak di wilayah yang jarang penduduk di Chelyabinsk," jelas kantor kementerian tersebut.

Menurut salah seorang saksi mata bernama Gulnara Dudka hujan meteor itu bak kiamat di wilayah tempatnya bermukim. "Saya melihat kilatan terang dari belakang saya. Semua menyala, sangat terang. Itu seperti di film Armageddon ketika hujan meteor dimulai, saya benar-benar mengira itu seperti kiamat," cerita wanita 20-an tahun itu. "Sangat mengerikan, khususnya ledakan tersebut. Sangat kuat. Saya hanya membisu. Itu begitu kuat," lanjutnya seperti dilansir Dailymail.


Sekitar 20 ribu petugas penyelamat telah dikerahkan untuk menolong para korban luka. Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, pihaknya telah mengirimkan tentara-tentara ke lokasi yang terkena dampak hujan meteor ini.

Dilaporkan terdapat sekitar 6 kota yang mengalami kerusakan akibat hujan meteor ini. Wilayah yang paling parah terkena dampak hujan meteor ini yakni wilayah Chelyabinsk.

Saluran telepon maupun sinyal telepon genggam di sejumlah wilayah Chelyabinsk terputus akibat insiden ini. Dilaporkan, pemicunya karena sebuah meteorit yang jatuh ke bumi mengenai sebuah antena telekomunikasi setempat.

Banyak jendela, baik di wilayah perkantoran maupun di pemukiman warga yang pecah akibat bunyi ledakan meteor di udara. Sedangkan sebuah pabrik di wilayah tersebut mengalami kerusakan paling parah karena dihantam meteorit. Bagian atap gedung pabrik tersebut runtuh dan beberapa dindingnya pun ambruk.

Sumber: detikNews
Semoga artikel Hujan Meteor di Rusia Bak Amagedon, 1000 Orang Terluka bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar