Anuptaphobia, Fobia Jadi Jomblo Selamanya

Posted by Lalu Abdul Aziz On Kamis, 14 Februari 2013 0 komentar

Menjadi lajang atau jomblo bisa jadi tak menyenangkan bagi banyak orang. Namun penderita Anuptaphobia lain lagi. Mereka tak hanya tidak nyaman menjadi jomblo tetapi juga ketakutan setengah mati bahwa mereka akan menjadi jomblo selamanya.

Seperti dilansir oleh Phobiasource.com, anuptaphobia didefinisikan sebagai rasa takut yang berlebihan ketika menjadi lajang atau single. Orang yang memiliki fobia ini biasanya takut menjadi lajang selamanya atau juga takut mereka telah menikahi orang yang salah.

Kasus anuptaphobia memiliki beberapa tingkat, mulai yang rendah hingga yang parah. Pada tingkat aman, penderita seringkali membayangkan apa yang akan mereka lakukan dengan orang yang kelak menjadi pasangan mereka. Tak hanya itu, mereka juga sering membayangkan seperti apa pasangan yang ditakdirkan untuk mereka.

Sementara pada tahap yang parah, penderita anuptaphobia bisa bertindak tak masuk akal seperti memilih sembarang orang untuk dijadikan pasangan atau bahkan cepat menikah tanpa berpikir panjang. Karena ketakutan melajang ini, banyak orang yang bertahan dalam pernikahan buruk walaupun sudah sering disakiti oleh pasangan.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi fobia ini adalah dengan meyakini bahwa menjadi jomblo dan lajang bukanlah sebuah hukuman atau hal yang buruk. Terapi berbicara atau perilaku juga bisa dilakukan untuk menolong penderita anuptaphobia menghilangkan ketakutannya.
Sumber
Semoga artikel Anuptaphobia, Fobia Jadi Jomblo Selamanya bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar