Mengenal Sosok Liem Sioe Liong alias Sudono Salim

Posted by Lalu Abdul Aziz On Selasa, 12 Juni 2012 0 komentar

Sudono Salim (Foto: exflow)
Liem Sioe Liong alias Sudono Salim merupakan seorang pengusaha Indonesia yang sukses menjalankan bisnisnya. Dirinya yang tinggal di Singapura mempercayakan kerajaan bisnis yang dibangunnya dipegang oleh anak dan menantunya, yakni Anthony Salim dan Franciscus Welirang.

Dikutip dari laman Wikipedia, Minggu (10/6/2012), Sudono Salim lahir di Tiongkok, China pada 10 September 1915. Sudono terlahir dengan nama Lin Shaoliang.

Liem Sioe Liong merupakan pendiri Grup Salim yang kepemilikan grupnya meliputi Indofood, Indomobil, Indocement, Indosiar, BCA, Indomaret, Indomarco, dan lain-lain. Dia pun dikenal sebagai pengusaha yang dekat dengan almarhum mantan Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto.

Usahanya pun kini diteruskan anaknya, Anthony Salim, dan menantunya, Franciscus Welirang. Taipan bertangan dingin ini sebelumnya pernah dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia dan Asia. Bahkan, Sudono Salim pernah masuk dalam jajaran 100 orang terkaya di dunia.

Setelah krisis ekonomi dan reformasi politik, kekayaannya menurun. Dia pun memilih lebih lama tinggal di Singapura, setelah rumahnya, Gunung Sahari Jakarta, dijarah dan diobrak-abrik massa reformasi. Kerusuhan reformasi 13-14 Mei 1998, itu tampaknya membuat Om Liem trauma tinggal di Indonesia.

Sumber: http://economy.okezone.com
Semoga artikel Mengenal Sosok Liem Sioe Liong alias Sudono Salim bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar