FB Scam Terbaru, Hati-hati dengan Permintaan Facebook Verification

Posted by Lalu Abdul Aziz On Selasa, 12 Juni 2012 0 komentar

FB Scam Terbaru (http://sidomi.com)
Beberapa hari kemarin, saya mendapat pesan di inbox yang berisi link facebook verification dari seorang teman. Tapi, saya ragu untuk membukanya sebab saya agak trauma dengan pesan "tautan" di inbox seperti yang dulu-dulu karena ternyata pesan itu adalah virus.

Lalu saya coba cari info tentang hal tersebut dengan tanya-tanya mbah google. Dan akhirnya saya menemukan informasi ini di situs berita sidomi.com. Seperti yang dimuat Sidomi News (Senin, 11 Juni 2012), pesan yang meminta verifikasi facebook itu adalah scam terbaru di facebook. Seperti apa sie bentuknya?

Mulanya muncul sebuah notifikasi akan permintaan Facebook Verification dalam daftar pemberitahuan di akun Facebook. Dan notifikasi permintaan verifikasi Facebook tersebut adalah sebagai berikut.
Ilustrasi FB Scam Terbaru (http://sidomi.com)

Jika Anda menklik notifikasi di atas, maka akan langsung menuju ke laman aplikasi Facebook Account Verification. Nantinya Anda diminta untuk menverifikasi akun Facebook baru serta mengundang (invite) teman-teman Facebook dalam verifikasi ulang ini.

Lantas apa maksud verifikasi tersebut dan apa tujuannya? Tentu saja hanya adalah penipuan. Aplikasi tersebut akan memberikan informasi jika pengguna harus mendaftarkan ulang akun Facebook mereka sebelum 15 Juni 2012.

Facebook seolah harus melakukan langkah ini guna memproteksi diri dari serangkaian ancaman scam dan adaptasi akan undang-undang SOPA dan PIPA. Anehnya ketika Anda menklik tombol login (setelah menklik tombol verify my account now) akan muncul iming-iming 1 juta koin dan harus menyebarkan info ini ke seluruh teman.

Lantas bilamana telah tersebar ke seluruh teman, apakah yang terjadi? Tentu saja teman-teman Anda yang menerima permintaan Facebook Verification tersebut akan mengalami langkah-langkah serupa seperti di atas.

Ingat, jangan asal klik dan percaya dengan permintaan apapun di Facebook. Jika Anda terlanjur menkliknya, maka jangan melakukan tindakan apapun yang diminta oleh aplikasi tersebut. Segera tinggalkan laman itu atau blokir aplikasi yang menurut Anda mencurigakan. Hati-hati!




Semoga artikel FB Scam Terbaru, Hati-hati dengan Permintaan Facebook Verification bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar