Tuntutlah Ilmu Walau Sampai ke Negeri Maya

Posted by Lalu Abdul Aziz On Kamis, 26 April 2012 1 komentar

Menuntut ilmu adalah suatu kewajiban bagi setiap insan di dunia ini. Oleh karena dengan ilmu, manusia dapat menjalani kehidupannya sehari-hari dan dapat menjalankan fungsinya sebagai khalifah di muka bumi dengan sebaik-baiknya. Saking pentingnya menuntut ilmu, Rasulullah Muhammad SAW bersabda kepada para sahabatnya "Tuntutlah Ilmu Walau Sampai ke Negeri Cina" (Al-hadist). Meski konon hadist tersebut sanadnya diragukan, namun maknanya sangat dalam yaitu betapa pentingnya menuntut ilmu khususnya bagi ummat muslim di dunia.

Di era sekarang ini, Anda tidak perlu jauh-jauh ke negeri Cina untuk menuntut ilmu sebab dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, Anda dapat menuntut ilmu bahkan dari kamar pribadi Anda sendiri, selain lembaga pendidikan formal tentunya. Anda bisa belajar dengan santai kapanpun dan dimanapun, bahkan sambil bersantai dengan keluarga Anda.

Dengan hadirnya internet, dunia seperti tidak memiliki sekat dan jarak bukan jadi suatu masalah lagi. Anda ingin menuntut ilmu? tidak perlu jauh-jauh lagi ke negeri Cina ataupun ke Amrik sana. Hanya dengan menyalakan PC atau Laptop Anda dan terkoneksi dengan internet, maka Anda sudah bisa memperoleh ilmu apa saja yang Anda inginkan. Cukup dengan mengetikkan kata kunci (keyword) di mesin pencari (search engine) yang sesuai dengan info atau data yang Anda cari, maka Anda dapat menemukan ribuan bahkan jutaan situs yang menyediakan apa yang sedang Anda cari, sesuai dengan kata kunci tentunya.

Mungkin Anda juga pernah mendengar istilah e-learning? Yups... e-Learning atau yang biasa dikenal dengan belajar jarak jauh adalah salah satu bukti mudahnya memperoleh ilmu pengetahuan lewat media internet. Dengan e-Leraning, kita tidak perlu hadir di ruang kelas untuk mengikuti pembelajaran. Namun cukup dengan mengakses internet, Anda sudah bisa mengikuti pelajaran meskipun dari ruang di rumah Anda sendiri. Apalagi setelah diintegrasikannya teknologi teleconference ke internet yang memungkinkan Anda bertatap muka dengan tutor ataupun peserta lain di seluruh belahan dunia.

Berarti, Tuntutlah ilmu ke Negeri Cina sudah tidak relevan lagi?

Saya kira tetap relevan karena suatu waktu, kita juga perlu datang ke Negeri Cina atau ke Negeri lain untuk belajar suatu ilmu. Misalnya ilmu-ilmu yang tidak mungkin di share secara terbuka di internet. Namun dengan kehadiran internet, dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan Anda tanpa harus mencari ilmu pengetahuan dan informasi dari Negeri sumbernya.

Lepas dari berbagai dampak negatif yang muncul di internet, maka kita patut berterimakasih pada para penemu internet karena saya yakin mereka berkarya bukan untuk sesuatu yang negatif, namun untuk sebuah tujuan yang mulia. Semoga mereka mendapat balasan atas kebaikannya dan kita bisa memperoleh manfaat seluas-luasnya dari internet. Amiin ya Rabbal A'lamiin....
Semoga artikel Tuntutlah Ilmu Walau Sampai ke Negeri Maya bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

+ komentar + 1 komentar

25 Maret 2013 16.10

Dengan perkembangan internet yang semakin maju memungkinkan kita belajar melalui internet :)
Nice share gan

Terimakasih Mas Adhie atas Komentarnya di Tuntutlah Ilmu Walau Sampai ke Negeri Maya

Posting Komentar