Trik Jitu untuk Mengatasi Pra Menstrual Syndrome (PMS)

Posted by Lalu Abdul Aziz On Sabtu, 25 Februari 2012 0 komentar

Hallo sahabat-sahabatku yang budiman... Bagaimana Kabar Anda hari ini? Semoga kabar baik selalu menyertai hidup Anda hari ini. Amiin...

Pada postingan saya kali ini, saya ingin berbagi sebuah inspirasi bagi sahabat wanita, khususnya menjelang datangnya masa menstruasi. Bagi sahabat-sahabat pria, mungkin artikel ini akan berguna sebagai informasi jika pasangan Anda mengalami PMS.

Menstruasi adalah pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan pendarahan dan terjadi setiap bulannya kecuali pada saat kehamilan. Menstruasi yang terjadi terus menerus setiap bulannya disebut sebagai siklus menstruasi. menstruasi biasanya terjadi pada usia 11 tahun dan berlangsung hingga anda menopause (biasanya terjadi sekitar usia 45 – 55 tahun). Normalnya, menstruasi berlangsung selama 3 – 7 hari.

Sakit perut, kepala, dan badan sering kali dialami wanita jelang menstruasi atau Pra Menstrual Syndrome (PMS). Bagaimana mengatasi masalah ini? Nah, bagi sahabat-sahabat wanita yang mengalami Pra Menstrual Syndrome (PMS) ada trik jitu yang bisa Anda lakukan jika mengalami PMS. Berikut trik-triknya:

Secara Fisik

  • Perbanyak minum untuk menghindari dehidrasi. Kekurangan cairan akan membuat nyerinya semakin terasa. Minumlah air hangat untuk meningkatkan aliran darah ke daerah panggul.
  • Membuat ramuan jahe. Caranya, rebus beberapa potong jahe yang telah dimemarkan dalam air lalu minumlah air jahe dalam keadaan hangat.
  • Tempatkan handuk hangat di sekitar perut bagian bawah. Ini cara yang cukup mudah untuk menghilangkan nyeri sementara waktu.
  • Hindari minuman yang mengandung kafein karena bisa memicu iritasi pada usu halus.
  • Minum teh hangat beraroma mint, juga bisa membantu.
  • Melakukan peregangan pada pagi hari dapat melancarkan peredaran darah dan sekaligus mengurangi rasa nyeri.

Secara Psikologis
  • Biasakan untuk berbicara dengan nada rendah atau sedang, latih untuk tidak mudah mengeluarkan nada tinggi saat berbicara.
  • Perbanyak latihan olah napas yang baik agar asupan oksigen pun tetap lancar ke otak. Hal ini akan membantu di saat seseorang dalam keadaan berpikir keras atau menghadapi situasi yang menguras emosi. Menjaga objektivitas pikiran merupakan hal yang penting agar emosi pun tidak mudah terpancing.
  • Biasakan untuk banyak bersyukur mengenai apapun yang telah ia terima dalam kehidupan ini, terlebih kehadiran suami sebagai pasangan hidup dan anak-anak sebagai pelengkap kehidupan. Kualitas komunikasi dan interaksi harus terus ditingkatkan.
  • Kehadiran rekan kerja, tetangga, pembantu dan saudara-saudara dekatpun harus disyukuri sebagai sarana mengembangkan rasa kepedulian, kasih sayang dan saling membutuhkan.
Itulah trik-trik jitu untuk mengatasi PMS, moga trik ini bisa bermanfaat buat Anda dan gejala-gejala akibat PMS bisa dikurangi.

*Dikutip dari berbagi sumber
Semoga artikel Trik Jitu untuk Mengatasi Pra Menstrual Syndrome (PMS) bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar