Ternyata Puasa pun Ampuh Membunuh Sel Kanker

Posted by Lalu Abdul Aziz On Jumat, 24 Februari 2012 0 komentar

Subhanallah, ternyata apa yang diperintahkan Allah dan yang dicontohkan oleh RAsulullah SAW memiliki hikmah yang sangat besar buat manusia. Salah satunya adalah ibadah puasa. Bagi ummat muslim, puasa wajib dilaksakan satu bulan penuh pada setiap bulan Ramadhan. Namun selain puasa di bulan Ramadhan, Rasulullah SAW menganjurkan kepada ummat muslim untuk melakukan puasa sunnah, yaitu puasa yang dilakukan pada hari-hari selain bulan Ramadhan seperti puasa sunnah senin-kamis, puasa 1 Muharram, puasa hari arafah dan puasa-puasa sunnah lainnya.

Ditinjau dari segi kesehatan, puasa ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satu bukti manfaat puasa bagi kesehatan adalah puasa dalam jangka pendek bisa membantu memerangi kanker dan meningkatkan efektivitas pengobatan.

Dalam sebuah penelitian, puasa bisa memperlambat pertumbuhan dan penyebaran tumor dan bahkan bisa menyembuhkan beberapa jenis kanker bila dikombinasikan dengan kemoterapi. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Science Translational Medicine.

Dalam laporan tertulis bahwa sel tumor memberikan respon yang berbeda pada orang yang berpuasa. Sel-sel ini bukan hanya tidak aktif atau berhibernasi, justru kian aktif aktif membelah namun pada akhirnya hancur dengan sendirinya.

Peneliti utamanya, dari University of Southern California, Profesor Valter Longo, menyatakan sel-sel tersebut, bisa diistilahkan seperti melakukan bunuh diri. Sel-sel tumor ini berusaha mengompensasikan kekurangan nutrisi yang hilang dalam darah setelah berpuasa.

“Pembelahan ini dicoba dilakukan untuk menggantikannya, namun ternyata tidak bisa, dan akhirnya sel tersebut malah hancur,” ujarnya seperti dilansir dari Dailymail, Kamis (9/2).

Profesor Longo dan timnya mengamati dampak puasa itu pada sel-sel di kanker payudara, saluran kemih dan kanker ovarium pada tikus. Ke depannya, jika puasa ini digabungkan dengan kemoterapi, bisa membuat pengobatan kanker lebih efektif.

Jika melihat hasil penelitian di atas, tidak ada alasan bagi kita untuk bermalas-malasan untuk menjalankan ibadah puasa. Banyak hikmah yang tergantung di dalamnya. Tidak hanya mempercepat penyembuhan kanker, tetapi juga manfaat-manfaat positif lainnya bagi kesehatan dan kehidupan manusia.

Sumber:
Republika.co.id
Dailymail, Kamis (9/2)
Semoga artikel Ternyata Puasa pun Ampuh Membunuh Sel Kanker bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar