Potret Anak-anak yang Lahir Dibalik Jeruji Besi

Posted by Lalu Abdul Aziz On Kamis, 21 Februari 2013 0 komentar

Bocah yang Hidup dalam Penjara (Dailymail.co.uk)
Seyogyanya, bocah-bocah di bawah lima tahun sedang asyiknya bermain dengan teman-teman sebayanya. Mereka dalam masa-masa bertumbuh dan berkembang. Namun, ternyata banyak bocah-bocah di bawah lima tahun hidup dibalik kerasnya kehidupan penjara.

Tentu bukan bocah-bocah ini yang melanggar hukum sehingga mereka dipenjara. Tetapi orang tua merekalah yang menjalani hukuman sehingga anak-anak merekapun terpaksa ikut merasakan pengapnya hidup di dalam penjara. Bahkan tak sedikit yang lahir dan besar dibalik jeruji besi penjara.

Seorang Fotografer yang bernama Carolina Camps berhasil mengabadikan kehidupan para perempuan yang membesarkan anak dalam penjara, di Amerika Selatan seperti yang dilansir situs Mail Online, Sabtu, 16 Februari 2013.

Di Argentina, dalam 20 tahun terakhir, jumlah tahanan perempuan yang hidup bersama anak mereka terus meroket. Setidaknya ada sepertiga dari jumlah tahanan wanita yang melahirkan dan membesarkan anak dalam kompleks penjara. "Anak-anak itu diizinkan menetap hingga berusia 4 tahun," tulis Mail Online.

Mayoritas narapidana itu terjerumus ke penjara akibat narkoba, perampokan, atau pembunuhan. Sedangkan anak-anak mereka tak bersalah. Ironisnya, nama penjara bakal terus melekat pada akte anak yang lahir di dalamnya, mengikuti mereka sepanjang hidup.


Potret perempuan yang hidup bersama anak di penjara seperti yang dijepret oleh Caronila Camps adalah kisah Sandra Valdez. Di tahun 2007, usia si anak masih sangat belia, satu tahun delapan bulan. Keduanya menjalani hari-hari di Penjara Unidad, Los Hornos. Kini Valdez telah bebas dan menetap pada daerah kumuh, pinggiran Buenos Aires.

Veldez masuk bui karena dituduh menjual narkoba. Dan ia tengah mengandung kala hakim memvonisnya di 2006. Selama dua tahun, Veldez mendekam di penjara dengan putri bungsunya. "Veldez memiliki sembilan anak dari tiga pria berbeda. Kini ia hidup bersama pasangan keempatnya."

Ibu lain yang dijepret fotografer Camps adalah Silvia Rodas. Pada 2007, ia tinggal dalam sel dengan putrinya yang telah berusia 4 tahun. Rodas dihukum karena kasus percobaan pembunuhan dan perampokan pada udia 19 tahun. Kala vonis jatuh, putri Rodas berumur tiga tahun

Sumber
Semoga artikel Potret Anak-anak yang Lahir Dibalik Jeruji Besi bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Poskan Komentar