Manuver Berbahaya Sang Pilot Diduga Sebabkan Sukhoi Celaka

Posted by Lalu Abdul Aziz On Jumat, 08 Juni 2012 0 komentar

Peristiwa kecelakaan pesawat Sukhoi SJ 100 di Gunung Salak sudah terjadi kurang lebih sebulan yang lalu, namun penyebab jatuhnya pesawat tersebut masih menjadi tanda tanya. Kini, misteri tersebut mulai terkuak setelah ditemukannya Flight Data Recorder (FDR) pesawat Sukhoi yang sedang demo terbang di Indonesia itu.

Seperti dilansir oleh beberapa media Rusia,  pesawat itu nahas karena sang pilot, Alexander Yablonstev, melakukan manuver berbahaya. Sebagaimana ditulis oleh Tabloid Rusia, Moskovsky Komsomolets (Kamis 7 Juni 2012) dan dilansir oleh RIA Novosti, bahwa isi Flight Data Recorder (FDR) menunjukkan navigator pesawat telah memberikan peringatan kepada pilot saat akan mendekati gunung. Sumber yang dikutip tabloid itu mengatakan Yablonstev terus bermanuver.

Sumber itu juga mengatakan Yablonstev mengabaikan peringatan yang dikeluarkan oleh sistem pesawat. Sebelumnya, pejabat Rusia menyebutkan tidak ada masalah pada pesawat Sukhoi itu sebelum mengalami kecelakaan.

Kini, penyelidikan kecelakaan itu masih dilakukan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan tim dari Rusia. KNKT menyatakan penyelidikan ini akan membutuhkan waktu sekitar satu tahun. Namun, jika penyelidikan lancar bisa kelar dalam waktu tiga hingga empat bulan.

Apapun  penyebab terjadinya kecelakaan, yang penting pihak Sukhoi memperhatikan santunan maupun asuransi bagi korban tewas pada kecelakaan tersebut. Moga di kemudian hari, kecelakaan pesawat bisa diminimalisir agar masyarakat bisa menikmati transportasi udara dengan lebih aman dan nyaman

Sumber: http://nasional.vivanews.com/news/read/322566-manuver-pilot-diduga-sebabkan-sukhoi-celaka
Semoga artikel Manuver Berbahaya Sang Pilot Diduga Sebabkan Sukhoi Celaka bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar