Cara Jitu Menanamkan Sikap Mau Berbagi pada Putra-Putri Anda

Posted by Lalu Abdul Aziz On Kamis, 07 Juni 2012 0 komentar

Bagi sahabat-sahabat saya yang sudah memiliki putra-putri, artikel ini penting untuk Anda baca sebagai referensi dalam membimbing tumbuh-kembang putra-putri Anda.

Sikap berbagi pada anak sangat penting ditanamkan sejak dini. Ini perlu dilakukan agar sikap tersebut berkembang menjadi sebuah kebiasaan sepanjang hidupnya. Untuk membentuk sikap berbagi pada anak berkembang sejak dini, peran orangtua sangat dibutuhkan. Oleh karena itulah, Anda sebagai orang tua harus tahu apa saja yang harus dilakukan dalam pembentukan sikap ini.

Berikut ini adalah tips-tips yang bisa Anda lakukan dalam membiasakan putra-putri Anda berbagi kepada orang lain:

  • Membentuk sikap berbagi pada anak bukan merupakan hal mudah. Berbagi merupakan sikap positif yang harus ditanamkan pada anak sejak dini.
  • Saat anak bermain dengan balita lain, Anda dapat menanamkan sikap berbagi pada anak. Momen ini adalah kesempatan baik bagi Anda untuk membentuk anak menjadi pribadi yang murah hati.
  • Saat bermain, sikap berbagi dapat dibentuk melalui contoh yang Anda praktikkan. Misalnya, Anda membeli sebatang cokelat untuk anak, kemudian Anda menyuruh anak untuk memberikan cokelat kepada teman-temannya yang saat itu sedang bermain bersama.Sikap berbagi ini perlu Anda tanamkan dan ajarkan kepada anak secara konsisten.
  • Selain itu, Anda perlu memberi pengertian pada anak bahwa berbagi dengan sesama merupakan perbuat menyenangkan.
  • Sesekali, Anda bisa memberi hadiah ketika anak telah berhasil berbagi makanan atau mainan pada sesama temannya. Atau, sebelum anak melakukan itu, Anda bisa menjanjikan hadiah kepadanya terlebih dulu.
  • Cara lain untuk menanamkan sikap berbagi pada anak adalah Anda dapat menceritakan dongen atau cerita rakyat kepada mereka karena di dalamnya mengandung nilai-nilai kehidupan.

Itulah tips-tips yang dapat saya share untuk Anda, semoga bermanfaat...

*Dari berbagai sumber
Semoga artikel Cara Jitu Menanamkan Sikap Mau Berbagi pada Putra-Putri Anda bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar