Benarkah Facebook Mulai Membosankan?

Posted by Lalu Abdul Aziz On Kamis, 07 Juni 2012 0 komentar

Baru-baru ini, Reuters dan Ipsos melakukan jajak pendapat terhadap pengguna jejaring sosial facebook. Hasilnya, 1 dari 3 pengguna facebook mengatakan jejaring sosial facebook sangat membosankan dan tidak beguna.  Bagaimana menurut Anda sobat? Apakah benar membosankan dan tidak berguna?

Pertama-tama pertanyaan yang diajukan adalah "Apakah waktu yang Anda habiskan di Facebook berkurang jika dibandingkan enam bulan yang lalu?" Jika jawaban Anda iya, maka Anda tidak sendirian sob. Sebuah survei terbaru mengungkap data jika 34% pengguna Facebook menghabiskan waktu jauh lebih sedikit jika dibandingkan setengah tahun yang lalu. Bahkan satu dari tiga pengguna mengatakan jika jejaring sosial ini sangat membosankan serta tidak relevan lagi atau tidak berguna. Kekesalan mereka dipicu oleh masalah privasi.

Menurut saya, privasi di facebook memang sudah tidak aman di facebook. Semuanya begitu terbuka dan bisa diakses oleh siapapun meski facebook meminta pengguna untuk memberi pengamanan yang maksimal pada account mereka. Tetapi pengamanan maksimal tidak menjamin privasi anda bakal aman karena para peretas maupun orang-orang yang usil masih bebas membobol account yang tentu saja merugikan pengguna. 

Hasil survei adalah sebanyak 40% pengguna mengaku masih betah menghabiskan waktu di Facebook. Rata-rata usia mereka antara 18 hingga 24 tahun. Dan hanya 20% menggunakan jejaring sosial lainnya. 

Saya kira usia 18 hingga 24 tahun memang usia yang masih senang bergaul, berkomunikasi dan berinteraksi meski di dunia maya. Menurut saya, usia ini tidak terlalu peduli dengan masalah privasi ataupun kegunaan facebook yang lebih menguntungkan. Mereka betah karena bisa narsis, cari perhatian dan bisa interaksi dengan teman-teman seusia mereka. Yang penting happy lah... he he he.... ups! ini menurut pendapat saya loh. bagaimana menurut Anda?

Yang cukup mencengangkan dari survei ini adalah terkait dengan data iklan yang ada di Facebook. Sebanyak 80% responden mengaku tidak pernah membeli produk dan jasa dari iklan yang ditampilkan. Jika begini, tentu ironis dikala facebook sudah Go Public di lantai bursa. Melihat hasil jajak pendapat ini tentu pemasang iklan di facebook bisa jadi berpikir ulang untuk memasang iklan di situs jejaring sosial facebook sebab mereka sia-sia saja mengeluarkan dana besar jika tidak ada keuntungan yang di dapatkan.

Seperti Dikutip dari CNET, Rabu (06/06/12), Facebook sendiri enggan untuk menanggapi hasil jejak pendapat tersebut. Padahal polling ini melibatkan 1.032 responden (Amerika Serikat) yang dilakukan pada 31 Mei hingga 4 Juni silam.

Kalo responden Indonesia bagaimana, apakah masih betah berlama-lama di facebook ataukah Anda sudah mulai bosan? Silahkan berikan jawaban Anda di form komentar :)

Referensi:
http://sidomi.com/101163/facebook-membosankan-1-dari-3-pengguna-mengaku-boring/



Semoga artikel Benarkah Facebook Mulai Membosankan? bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar