Kurang Minum Air Putih Bisa Membuat Pikiran "Error"

Posted by Lalu Abdul Aziz On Kamis, 26 April 2012 0 komentar

Tahukah Anda sobat..?! Sering minum air putih ternyata tidak hanya membuat tubuh Anda sehat, tetapi juga berpengaruh besar terhadap pikiran dan psikologis Anda. Namun, anjuran minum air 8 gelas sehari sering luput dari perhatian kita. Malah kita lebih senang minum softdrink ataupun minuman-minuman yang mengandung gula yang notabene menyebabkan penyakit.

Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Nutrition, februari ini menyatakan bahwa dehidrasi yang berat akan memengaruhi pikiran dengan membuat rasa bingung ekstrim dan cenderung suka mengigau. Studi itu melibatkan 25 wanita yang diamati kondisinya saat tubuh membutuhkan air. Selama tiga hari, mereka melakukan tiga kali latihan menggunakan treadmill selama 40 menit untuk tiap sesi. Tes kognitif dilakukan peneliti saat relawan melakukan dan selesai latihan.

Hasilnya, seperti yang saya kutip RodaleNews, dehidrasi membuat para wanita mengalami fisik yang lemah, kekuatan menurun, dan kurang mampu konsentrasi secara penuh. Selain itu, mereka merasakan ada ketidaknyamanan dalam menyikapi suasana hati. Pekerjaan yang berhubungan dengan pikiran seperti sulit dilakukan. Juga, sebagian mereka merasa pusing saat latihan atau ketika sudah selesai.

Dalam penelitian ini juga ditemukan, masih banyak orang yang sulit membedakan kapan perlu tambahan cairan tubuh. Sehingga, mereka tidak segera meminum air padahal sebenarnya saat itu sudah membutuhkannya.

Jika melihat hasil studi di atas, ternyata meminum air putih itu sangat penting, terutama dalam menjaga vitalitas tubuh dan kesetabilan suasana hati serta pikiran kita. Setiap orang tidak tahu kapan ia membutuhkan tambahan cairan tubuh. Apalagi saat aktivitas kita membuat tubuh banyak mengeluarkan cairan, maka segera membutuhkan air sebagai cairan tubuh kita. Namun seringkali kita malah menggantinya dengan softdrink, es teh, ataupun minuman-minuman yang tidak sehat lainnya. Haus memang hilang, tetapi sebenarnya tubuh kita tidak sehat.

Jadi, tidak ada alasan buat kita untuk malas minum air putih. Takaran pasti air yang harus dikonsumsi memang belum mencapai kata final. Namun, minum air 8-9 gelas per hari dapat menjaga kebutuhan tubuh Anda terhadap cairan. Mulai sekarang, mari kita biasakan minum air putih secara rutin agar tubuh kita tetap bugar dan pikiranpun fokus serta suasana hati kita tetap damai.

Referensi:
http://sidomi.com/65012/kurang-air-bikin-pikiran-error/
http://www.tempo.co/read/news/2011/12/08/060370488/Enam-Manfaat-Minum-Air-Putih
http://www.metris-community.com/manfaat-terapi-air-putih-khasiat-minum-bagi-kesehatan/
Semoga artikel Kurang Minum Air Putih Bisa Membuat Pikiran "Error" bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar