Beginilah Cara Minum Kopi yang Baik dan Benar

Posted by Lalu Abdul Aziz On Kamis, 23 Februari 2012 0 komentar

Hallo sobat...Bagaimana kabar Anda hari ini? Sudahkah Anda menikmati secangkir kopi di pagi yang cerah dan penuh semangat ini. Jika belum, ayo dong rebus air hingga mendidih dan segera seduh kopi Anda. Menikmati secangkir kopi sambil blogwalking asyik loh....

Ngomong-ngomong soal ngopi, aku ingin berbagi tips buat sobat tentang cara yang benar minum kopi. Tips ini aku kutip di situs okefood.com dari seorang pakar kopi yang bernama Diki Sigit. Dia adalah Operasional Manager Liberica Coffee.

Menurut Diki Sigit, Anda jangan minum kopi lebih dari 5 menit. Maksudnya adalah Anda sebaiknya "menyeruput" kopi Anda sebelum 5 menit setelah Anda menyeduhnya. Sebab jika Anda belum meminumnya hingga lebih dari 5 menit akan mengurangi citarasa dan kenikmatan dari kopi tersebut.

Diki juga mengatakan bahwa terlalu lama membiarkan kopi yang telah diseduh menyebabkan kafein terlalu lama kontak dengan air panas. Perlu diketahui, tingginya kadar kafein tak hanya terletak pada biji kopi, tapi juga bergantung pada berapa lama bubuk kopi kontak dengan air panas.

Diki menegaskan, bila kafein terlalu lama larut dalam air, kopi perlahan akan mengeluarkan aroma kafein yang tajam. Hal ini bisa membahayakan bagi mereka yang tidak terbiasa minum kopi.

"Terkadang di saat Anda mengonsumsi kopi, jantung berdebar-debar atau Anda merasa pusing, itu karena kadar kafein sudah meningkat,"Kata Diki Sigit.

Diki Sigit menyarankan, bila Anda sedang disibukkan dengan pekerjaan tapi ingin menikmati kopi, alangkah baiknya kopi disaring terlebih dahulu. "Bila Anda banyak pekerjaan, setelah 15 atau 20 menit, Anda bisa pisahkan air yang sudah terkena kopi dengan bubuk kopinya. Anda buang bubuk kopi lalu minum airnya, selain bisa menikmati rasa kopi, Anda juga jadi sehat," Saran Diki Sigit.

Jadi Anda tinggal memilih, apakah meminum kopi yang sudah dingin tapi citarasanya berkurang atau menyeruput kopi Anda saat panas dengan citarasa yang sempurna? Semua terserah Anda. Selamat menikmati kopi Anda dan selamat beraktivitas....

Sumber: okefood.com
Semoga artikel Beginilah Cara Minum Kopi yang Baik dan Benar bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar